Monday, August 8, 2016

Pestisida Nabati



            Tanaman mimba merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat melimpah di pulau Madura. hampir diseluruh wilayah Madura tanaman ini dapat ditemukan, khususnya di Desa Jaddung Kecamatan Pragaaan Kabupaten Sumenep. Namun tidak banyak yang tahu manfaat dari tanaman mimba tersebut, di Desa Jaddung sendiri tanaman mimba tersebut selain dimanfaatkan sebagai pakan ternak seperti sapi, kambing dan ternak yang lain, tanaman ini hanya dianggap sebagai tanaman liar yang tidak ada nilainya.Manfaat daun mimba sebenarnya sangat banyak sekali, salah satu contohnya daun mimba ini dapat dimanfaatkan sebagai pestisida yang dapat sangat membantu pertanian.
            Pemanfaatan daun mimba menjadi pestisida ini yang mulai dikembangkan saat ini, penyuluhan pestisida nabati ini dilaksanakan pada tanggal 30 juli 2016 bertempat di kediaman kepala Desa Jaddung  mulai dari pemaparan manfaat daun mimba hingga proses pembuatan pestisida daun mimba itu sendiri. Hal ini dapat diterima dengan sangat baik oleh masyarakat Desa Jaddung, itu terbukti dengan antusiasnya masyarakat desa ini untuk berbondong-bondong menghadiri acara tersebut.
            Dengan dilaksanakannya acara tersebut diharapkan petani di Desa Jaddung ini dapat mulai beralih dari penggunaan pestisida yang banyak mengandung bahan kimia yang dapat membahayakan tanaman. Selain itu manfaat dilaksanakannya acara ini juga dapat menumbuhkan kreativitas masyarakat Desa Jaddung khususnya kalangan petani dalam hal pemanfaatan sumber daya alam yang sangat melimpah di Desa tersebut. Sehingga ketergantungan pertanian terhadap bahan kimia yang sebenarnya membahayakan dapat berkurang.
            Kendala yang ditemukan pada pelaksanaan penyuluhan pestisida nabati ini selain sulitnya menyesuaikan waktu dengan masyarakat agar seluruh masyarakat dapat hadir adalah sulitnya masyarakat Desa ini dalam hal mencerna dan memahami apa yang sudah disampaikan pemateri berkaitan dengan manfaat, proses pembuatan hingga penggunaan pestisida nabati tersebut.

No comments:

Post a Comment